Minggu, 22 April 2012

JEALOUS



Wajar dong kalo gue bilang gue cemburu ma dia. Wajahnya cantik, pembawaannya kalem. Popouler di kampus sekaligus berprestasi dibidangnya. Dia bukan cewek sembarangan yang kehadirannya bisa lo abaikan begitu aja. The last gue tahu kalo dia mahasiswi kesayangan dosen favorit gue. Oh, good… it’s a perfect things to make me jealous. Matanya Bulat bening, tubuhnya semampai, kulit putih bersih, ah… cocok deh kalo disandingin ma Tegar.
Bunga Andita. Yah itu namanya. Mahasiswi akuntan semester 6 yang namanya pertama kali gue dengar dari sahabat lo.
“ Ada yang titp salam sama gue buat Tegar, ” ujarnya sore itu disela pembicaraan gue ma Tegar di telpon. Nih anak emang sering banget dengan tiba-tiba ngambil handphone Tegar dan ngibrit ke tempat lain buat sekedar say hai ma gue.
“ Oya..? Salam apaan? “ jawabku kalem. Gue tau banget siapa Elang. Bukan Elang namanya kalo gak ngisengin gue and Tegar.
“ Ya salam ajah,”
“ Lah terus? Orang titip salam aja, masak lo laporin ma gue?  What’s wrong bro? kamu ini ada-ada ajah ”.
“ Ya gak ada sih, Cuma..menurut gue penting aja. Karena yang kirim salam adalah Andita. Bunga Andita,” jelasnya.
Dan yah.. hanya itu yang gue tau. Dia kirim salam buat Tegar. Cowok yang hampir 3 taonan lebih jalan sama gue. Just it. Not more. Karena di detik berikutnya tampaknya Tegar berhasil menemukan posisi Elang, dan mengambil handphonenya kembali.
Dan gue mulai melupakan nama itu.

Hari-hari gue sama Tegar berjalan seperti biasa. Sekalipun gue sama Tegar jarang ketemu karena kesibukannya sebagai aktivis Tapi komunikasi selalu terjalin dengan baik. Tegar bukan tipe cowok yang romantis, jangankan buat beliin gue mawar atau coklat dihari ultah gue, dia ngucapin by phone ajah itu udah cukup. Tapi gak tau juga yah, adaaa aja tingkahnya yang menurut gue itu “manis banget”. Malah kadang gue bersyukur karena dia bukan tipe-tipe cowok yang romantis, paling nggak gue tau kalo dia gak bakal keganjenan sama cewek-cewek yang lain di luar sana. It’s more than enough for me.
Kembali ke persoalan Bunga Andita tadi. Bahkan sampek 7 bulanan pasca pertama kali gue denger namanya. Gue gak pernah tau seperti apa cewek bernama Andita ini. Gue bukan tipe cewek-cewek yang over posesif yang sekali denger ada cewek yang nyalamin pacarnya langsung main tuduh, ngelabrak atau sampek nyewa detektif buat cari info sedetil-detilnya tentang cewek tersebut. Tapi gak sengaja malam itu pas gue mau ngucapin selamat ulang tahun di facebook Tegar gue liat nama dia nangkring disitu. Mengirimkan sebuah pesan dinding bertuliskan ucapan selamat, lengkap dengan doa manisnya. Uuueeweek… Niat kasih kejutan, malah gue yang terkejut.  Gue batal ngucapin met ultah disitu.
Pemikiran gue sederhana. Kalo nih cewek memang gak punya perasaan lebih sama Tegar, dia cukup mengucapkan “selamat ultah, moga panjang umur, sukses selalu” atau “ Happy birthday, wish you all the best”, atau apalah kata-kata semacemnya yang konteksnya B-I-A-S-A. Bukan seperti apa yang gue baca barusan. Gilak! Nih cewek ngucapin met ultah apa mau nulis surat cinta ? sampek panjang banget gitu, pikir gue. Hash… kalo ajah gue bisa, udah gue hapus kali yah. Sumpah. Bikin sakit mata sekaligus sakit hati.
Jadi, di malam ultahnya, bukannya dinner romantis. Kita malah bahas soal siapa dan bagaimana si Andita ini. Daaaan… pointnya adalah nih cewek suka Tegar and pernah terang-terangan ngungkapinnya ma cowok gue ini. Njir…!
Lo tau gimana rasanya? NYESSEK! Gak tau kenapa, mungkin karena, seperti kata Elang.. dia Bunga Andita. Mungkin, karena dia Cantik, Pintar, dan yah… dia cantik. Shit! Harus berapa kali gue bilang dia Cantik? Dan gue nggak! Gue cuma cewek biasa-biasa saja, dengan kapasitas otak yang juga biasa-biasa ajah, tapi dengan cinta yang luar biasa besar buat Tegar. Yekk… kayanya gue pantes dimasukin ke acara di stasiun televisi nih. Yap! mendadak gombal.
Tapi malam itu, semuanya clear. Tegar bilang kalo dia sudah punya gue. Iyah… GUE. Mayang Sudibyo. Itu cukup buat bikin gue tenang malam itu. Bahkan sekalipun dua hari setelahnya gue gak sengaja menemukan sisa smsnya di hapenya. “ Iya, aku masih inget semuanya kok, jaga dia baik-baik yah”. Halloow…? Ini apa maksudnyaa…? Rasanya pengen makan orang ajah! Tapi gue berusaha positive thingking waktu itu. Siapa tahu yang Andita maksud itu adalah gue. Dia mulai menerima kalau Tegar itu milik gue and ask him to save me. Yah… pasti begitu. J

********###********

Siang itu. Tegar pamit untuk mengahadiri rapat senat. Mungkin gue lupa cerita kalau si Andita ini juga anggota senat. Dan gue bukan. Point plus buat Andita. Dan minus buat gue. Harus gue akui, gue masih menyimpan sedikit rasa cemburu padanya. Ah…bisa jadi banyak, bahkan denger namanya ajah, sontak bikin perut gue mual. although so far, gue gak pernah lagi denger namanya, baik dari Tegar, atau dari si tengik Elang.
Karena ini taon ajaran baru, alhasil Senat juga lagi sibuk-sibuknya nyiapin berbagai acara dalam rangka rentetan MPMB. Dan lo tau dong apa yang dipikiran gue? Yes, u are right! Tegar-Andita. Mereka bakal sering ketemu.
“ Sabar… sabar, “ itu kata Elang ma gue pas gue samperin dia buat curhat. “ gue bilang juga apa ? dulu aja lo sok-sok kalem pas gue bilang si Andita titip salam. Sekarang..? kelabakan sendiri kan. Dia punya potensi buat itu”.
Hebat. Bukannya bikin hati gue adem si kunyuk satu ini malah bikin gue tambah kalut. Galau kalo anak jaman sekarang nyebutnya.
Yang perlu lo catet adalah, gue bukan tipe cewek yang asal cemburu ma orang. Gue bukan tipe psikopat seperti sosok di lagu “jealous”nya 7icons. Gue fine-fine ajah kalo Tegar deket sama si Tara, Veni, Putri, Dira atau Amel. Terlepas mereka mau foto jugkir balik atau mau panggil-panggil mereka sayang. Gue bener-bener gak papah. Karena apa? Because I knew, that they just your best friends, and they have no more feelings for you, honey! Mereka juga udah kenal, siapa gue.
Tapi berbeda dengan Andita. Dia pernah terang-terangan bilang kalo dia sayang ma lo. Dia yang dengan manisnya berpose disamping lo di foto itu. Cuma berdua. Yang tanpa malu-malu kemudian mengatakan saat kebersamaan kalian kemarin adalah moment terindah yang gak bakalan dia lupaen. Apa yang salah?
Yang salah…Gue! Gue gak pernah tau apa yang kalian lakuin waktu itu, gue juga gak tau kapan “moment terindah” yang dimaksudnya itu, dan gue gak tahu apa-apa sampek mata gue sendiri yang lihat foto itu ter-tag di FB lo! Lo gak pernah cerita itu beib. Dan itu udah lebih dari cukup alasan buat gue cemburu. Bahkan lebih. Gue sakit hati ma lo!
Oke, gue akui, itu foto cuma foto biasa. Gak lebih. Kalian Cuma gak sengaja di foto berdua. Ah.. yah, gak sengaja lo bilang, sekalipun di situ lo juga bener-bener natap kamera. Fine.. bilang aja kalo itu gak sengaja. Itu Cuma bikin gue makin sakit hati. Gue bukan lagi bocah 5 taonan yang bisa dikelabui dengan kata-kata gak sengaja beibz, mungkin lo lupa kalo cewek lo yang otaknya pas-pasan ini, feelingnya selalu di atas rata-rata.
Apa dia tau, kalau lo itu milik gue. Oh yah. She’s know it. But her big feelings for you make she forget it. Lengkap sakit hati gue.
Tiga hari gue gak ngubungin Tegar, dan dia juga gak berusaha ngubungin gue. Entah karena kesibukannya, atau memang dasar sifat cueknya lagi kumat. Gue gak bener-bener tahu. Dan itu yang paling gak gue suka, lo malah menghilang di saat seharusnya lo jadi orang pertama yang ngasih penjelasan ma gue.  Yang gue tahu adalah. Gue gak bisa kaya gini terus. Hati gue bukan kaya jemuran basah yang mesti digantungin mulu.
Yang perlu gue tahu adalah perasaan Tegar ma dia.
Gak penting lagi buat gue perasaan si Andita itu ma lo. Persetan dia suka ma lo, cinta setengah mampus atau apapun lah namanya. Gue udah gak mau tahu itu. It’s not really important for me now. Udah cukup kali yah, gue bertolerir dengan perasaannya, tapi dia gak mau nyadar diri juga.
So, di sinilah gue sekarang. Duduk di pinggir trotoar setelah gue maksa-maksa minta turun di tengah jalan sebelum nyampek di tempat yang udah kita pesen buat ngerayain anniversary kita. Oya gue lupa bilang, se-gak romantis-romantisnya dia, dia tetep inget tanggal jadian kita. Baguslah.. paling nggak gue tahu kalo gue masih dalam ingatannya.
“ Aku udah capek, Gar.” Sumpah kelu banget manggil namanya gitu. Bayangin ajah udah hampir 4 taonan gue gak pernah lagi manggil namanya. Kalo gak beibz, ya honey. Atau panggilan-panggilan sayang kita lainnya. Tapi malam ini, gue serius. Gue bener-bener capek. “ aku capek ma rasa sakit yang macem begini, capek. Bener-bener capek.”. “ Jadi, gini ajah, aku mau kamu jujur, ndak perlu ada yang kamu tutup-tutupi lagi. Dia cantik, baik, pinter, yah cocoklah sama kamu.” Dezzing… sejak kapan gue mulai ber’ aku-kamu, kaya Tegar gini ?
“ Yang perlu gue tau adalah gimana perasaan lo ma dia, just friend or more?”
“ Kita cuma ... ,“ sela Tegar yang keburu gue bungkam dengan jari telunjuk.
“ Gue belum selese, Gar “.
“ I love you, really love you beibz. But your happiness is everything for me. Jujur, gue sakit hati. Gue cemburu. Tapi seperti yang gue bilang tadi. Gue sayang lo. Selalu ada maaf buat lo, sebesar apapun salah lo. But I think, it’s enough for us. Mungkin kita udah terlalu lama memaksakan bahwa ini baik-baik saja. If I’m not good enough to be your side, and make you happy, gue rela buat ngelepas lo. Jika bersamanya lo dapat temukan kebahagiaan lo. Gue akan ikut bahagia buat lo, Gar. “
Setelah ngomong gitu gue cuma bisa menundukkan kepala dalem-dalem dan menggigit lidah gue sekenceng-kencengnya.
Gue bohong. Gue gak rela. Gue belom bisa buat ngerelain Tegar dengan siapapun. Apalagi dengan si Andita. Gue gak rela. Gak akan pernah bisa rela. Tapi, kalau memang itu ngebuatnya bisa lebih bahagia, gue akan berusaha sekuat tenaga buat ngerelain itu, sekalipun mungkin gue bakal nangis darah karenanya.
Gue juga gak nyangka, dapet kekuatan darimana waktu itu buat ngomong panjang lebar kaya gitu, padahal jujur hati gue sakit banget. Gue belom siap nerima kenyataan kalo nantinya Tegar bakal bilang kalo dia memang lebih bahagia sama si Andita.
Kenapa juga malah kata-kata macem itu yang keluar dari mulut gue, padahal niat awal gue sebelum dia jemput di rumah adalah bakal ngomel-ngomel gak jelas.  Tapi nyatanya? Begitu gue lihat dia, amarah gue reda, entah kesiram air darimana. Gue malah begitu kalemnya ngomong seperti itu sama dia. Pura-pura kuat, pura-pura tegar, padahal seriously gue takut.
Tegar Cuma diem. Pacar gue cuma diem pemirsah... Gak ada satu patah katapun yang keluar dari mulutnya kecuali sesengukan kecil. Hah? Serius…? Apa gue yang salah denger ?
Jadi gue beraniin diri buat menatap matanya buat mastiin itu, sekalipun gue sendiri takut, takut pertahanan gue jebol dan air mata yang sedari tadi merembes di pelupuk mata gue mulai berhasil membanjiri pipi gue.
Matanya berkaca-kaca. Dan itu bukan air mata buaya yang sering gue lihat di sinetron-sinetron Indosiar.
Dari situ gue tahu, selama ini gue salah. SALAH BESAR. Gue udah terlalu jauh menilainya yang macam-macam. Gue udah salah meragukan cintanya ma gue. Gue salah. Karena sampai saat ini, tatapannya masih sama seperti empat taon lalu_saat pertama kali dia bilang dia cinta gue di depan pintu rumah gue_tatapan matanya yang sarat akan ketulusan.
“ Aku sayang kamu May, cuma kamu. Gak pernah ada Bunga Andita, atau cewek lain yang aku ijinin masuk ke hatiku. Karena hati beserta kuncinya udah aku serahin ke kamu, tepat empat tahun lalu, saat pertama kali aku bilang aku cinta kamu. Jangan ragu itu,” ucapnya lirih sesaat sebelum mengecup kening gue. Apa gue bilang, he’s not a romantic person. But he always knew a good things to make me calm. Gue janji, suatu saat, gue bakal daftarin dia buat ikutan acara mendadak gombal atau sekalian daftarin dia buat gantiin si Ajis Gakapnya OVJ. Gombalannya gak kalah sama mereka. Hahaha…. Love you beibz J








Pamekasan, 22 April 2012
[ Sometimes, ketakutan kita yang berlebihanlah yang patut kita takuti ^^ ] #phie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar