Kelebihan dan Kelemahan Metode Mengajar Matematika
● Kelebihan :
- Guru menguasai arah pembicaraan seluruh kelas
- Organisasi kelas sederhana
- Mudah mempersiapkannya dan melaksanakannya
● Kelemahan :
- Guru tidak dapat mengetahui sampai dimana siswa telah mengerti pembicaraannya
- Keberhasilan siswa tidak terukur
- Pembicara sering melantur
- Anak didik yang lebih tanggap dari sisi visual, akan menjadi rugi dan anak didik yang lebih tanggap auditifnya, dapat lebih besar menerimanya
- Kata-kata yang diucapkan oleh guru, ditafsirkan lain oleh siswa
- Metode Ekspositori
● Kelebihan :
- Di dalam kelas, murid dituntut untuk aktif tidak hanya mendengar
- Dominasi guru dalam kelas relatif berkurang sehingga siswa lebih mengasah kemampuannya
● Kelemahan :
- Kemungkinan tidak membawa hasil yang diharapkan jika siswanya belum cukup kreatif untuk lebih mencari dan menggali pengetahuan yang dibutuhkan
3. Metode Demonstrasi
●Kelebihan :
- Perhatian siswa dapat dipusatkan, dan pokok bahasan yang dianggap penting oleh guru dapat diartikan seperlunya
- Siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari
- Siswa ikut serta aktif bila demonstrasi sekaligus dilanjutan dengan eksperimen
- Proses pengajaran lebih menarik
- Dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi sekiranya siswa hendak mencoba mempelajari suatu proses dari buku bacaan
- Beberapa persoalan yang belum dimengerti ditanyakan langsung saat proses itu, ditunjukkan sehingga terjawab dengan jelas
●Kelemahan :
- Demonstrasi menjadi tidak efektif bila tidak semua siswa dapat ikut serta, misalnya alat terlalu kecil sedangkan jumlah siswa besar
- Sulit dilakukan oleh guru yang tidak memahami betul apa yang ia terangkan
- Memerlukan kesiapan dan perencanaan yang matang, disamping memerlukan waktu yang cukup panjang
- Bila tidak dilanjutkan dengan eksperimen, ada kemungkinan siswa menjadi lupa, dan pelajaran tidak akan berarti karena tidak menjadikan pengalaman bagi siswa
- Kadang siswa sulit membayangkan yang digambrkan
- Metode Drill dan Latihan
●Kelebihan :
- Siswa menjadi lebih terampil dalam pengerjaan soal
- Siswa dapat mengerti aplikasi dari teori-teori yang telah dipelajari
- Siswa dapat memperoleh kecakapan motoris, seperti : menulis, menghafal huruf, membuat dan menggunakan alat-alat
- Siswa dapat memperoleh kecakapan mental, seperti ; dalam perkalian, pejumlahan, pengurangan, pembagian, tanda-tanda symbol, dsb.
- Siswa dapat memperoleh kecakapan dalam bentuk asosiasi yang dibuat, seperti : hubungan huruf-huruf dalam ejaan, pnggunaan symbol, dsb.
●Kelemahan :
- Yang dapat memahami apa yang guru berikan, hanya siswa tertentu jika guru tidak memberi pengertian dasar kepada siswa
- Menghambat bakat dan inisiatif anak didik, karena anak didik lebih banyak dibawa kepada penyesuaian dan diarahkan kepada jauh dari pengertian
- Menimbulkan penyesuaian secara statis kepada lingkungan
- Mematikan kreasi siswa
- Kadang-kadang latihan yang dilaksanakan secara berulang-ulang merupakan hal yang monoton dan mudah membosankan
- Metode Tanya Jawab
●Kelebihan :
- Kelas lebih aktif karena siswa tidak sekedar mendengarkan saja
- Mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapat
- Pertanyaan akan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa
- Mengetahui perbedaan pendapat antara siswa & guru, dan akan membawa kearah suatu tujuan
- Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya sehingga guru mengetahui hal-hal yang belum dimengerti oleh para siswa
- Guru dapat mengetahui sampai dimana penangkapan siswa terhadap segala sesuatu yang diterangkan
●Kelemahan :
- Dengan tanya jawab kadang-kadang pembicaraan menyimpang dari pokok persoalan
- Dapat menimbulkan beberapa masalah baru
- Mempersyaratkan siswa memiliki latar belakang yang cukup tentang topik atau masalah yang didiskusikan
- Tidak tepat digunakan pada tahap awal proses belajar bila siswa baru, diperkenalkan kepada bahan pembelajaran yang baru
- Membutuhkan waktu yang relatif banyak dan jumlah siswa harus sedikit
- Metode Penemuan
●Kelebihan :
- Siswa aktif mengalami sendiri
- Siswa dapat membuktikan teori-teori yang pernah diterima
- Mendapatkan kesempatan melakukan langkah-langkah berpikir ilmiah
●Kelemahan :
- Akan kurang berhasil apabila alat-alat yang tersedia tidak mencukupi kebutuhan siswa
- Kemungkinan tidak membawa hasil yang diharapkan jika siswanya belum cukup pengalaman
- Metode Pemecahan Masalah
●Kelebihan :
- Siswa dapat mengembangkan cara berpikir dan sikap ilmiah
- Siswa mendapat kesempatan untuk menguji tingkat pengetahuan masing-masing
- Berpikir dan bertindak kreatif
- Dapat membiasakan para siswa menghadapi dan memcahkan masalah secara terampil
- Memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis
●Kelemahan :
- Membutuhkan waktu yang cukup banyak dan sering mengambil waktu pelajaran lainnya
- Mengubah kebiasaan siswa belajar dengan mendengarkan dan menerima informasi dari guru menjadi belajar dengan banyak berpikir memecahkan masalah sendiri atau kelompok
- Kesulitan dalam menyimpulkan sering menyebabkan tidak ada penyelesaian
- Pendapat serta pertanyaan siswa dapat menyimpang dari pokok persoalan
- Metode Inkuiri
●Kelebihan :
- Siswa dapat lebih aktif
- Situasi proses belajar menjadi lebih terangsang
- Dapat menghindari siswa dari cara-cara belajar yang tradisional
- Membantu dalam menggunakan ingatan dan transfer pada situasiproses belajar yang baru
- Mendorong siswa untuk berpikir dan bekerja atas inisiatif sendiri
- Siswa mendapat kesempatan melakukan langkah-langkah berpikirnya
●Kelemahan :
- Guru tidak mengetahui konsep yang telah ditemukan sehingga kesulitan untuk melakukan langkah selanjutnya
- Metode Permainan
●Kelebihan :
- Mengembangkan kreatifitas siswa (dengan peran yang dimainkan siswa dapat berfantasi)
- Memupuk kerja sama antarsiswa
- Menumbuhkan bakat siswa dalam seni drama
- Siswa lebih memperhatikan pelajaran karena menghayati sendiri
- Memupuk keberanian berpendapat di dalam kelas
- Melatih siswa untuk menganalisa masalah dan mengambil kesimpulan dalam waktu singkat
●Kelemahan :
- Adanya kurang kesungguhan para pemain menyebabkan tujuan tak tercapai
- Pendengar (siswa yang tak berperan) sering menertawakan tingkah laku pemain sehingga merusak suasana
- Metode Pemberian Tugas
●Kelebihan :
- Memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar lebih banyak
- Memupuk rasa tanggung jawab
- Pengetahuan yang anak didik peroleh dari hasil belajar sendiri akan diingat lebih lama
- Memperkuat motivasi belajar
- Menjalin hubungan antara sekolah dengan keluarga
- Mengembangkan keberanian berinisiatif
●Kelemahan :
- Memerlukan pengawasan yang ketat, baik oleh guru maupun orang tua
- Sukar menetapkan apakah tugas dikerjakan oleh siswa sendiri atau atas bantuan orang lain
- Banyak kecenderungan untuk saling mencontoh antarteman
- Agak sulit diselesaikan oleh siswa yang tinggal bersama keluarga yang kurang teratur
- Dapat menimbulkan frustasi jika gagal menyelesikan tugas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar