Jumat, 09 Maret 2012

Kelemahan dan kekurangan Metode Mengajar Matematika

Kelebihan dan Kelemahan Metode Mengajar Matematika

  1.  Metode Ceramah

● Kelebihan :
-          Guru menguasai arah pembicaraan seluruh kelas
-          Organisasi kelas sederhana
-          Mudah mempersiapkannya dan melaksanakannya

● Kelemahan :
-          Guru tidak dapat mengetahui sampai dimana siswa telah mengerti pembicaraannya
-          Keberhasilan siswa tidak terukur
-          Pembicara sering melantur
-          Anak didik yang lebih tanggap dari sisi visual, akan menjadi rugi dan anak didik yang lebih tanggap auditifnya, dapat lebih besar menerimanya
-          Kata-kata yang diucapkan oleh guru, ditafsirkan lain oleh siswa

  1. Metode Ekspositori
● Kelebihan :
-          Di dalam kelas, murid dituntut untuk aktif tidak hanya mendengar
-          Dominasi guru dalam kelas relatif berkurang sehingga siswa lebih mengasah kemampuannya

Kelemahan :
-     Kemungkinan tidak membawa hasil yang diharapkan jika siswanya belum cukup kreatif untuk lebih mencari dan menggali pengetahuan yang dibutuhkan

3.   Metode Demonstrasi
Kelebihan :
-          Perhatian siswa dapat dipusatkan, dan pokok bahasan yang dianggap penting oleh guru dapat diartikan seperlunya
-          Siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari
-          Siswa ikut serta aktif bila demonstrasi sekaligus dilanjutan dengan eksperimen
-          Proses pengajaran lebih menarik
-          Dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi sekiranya siswa hendak mencoba mempelajari suatu proses dari buku bacaan
-          Beberapa persoalan yang belum dimengerti ditanyakan langsung saat proses itu, ditunjukkan sehingga terjawab dengan jelas

●Kelemahan :
-          Demonstrasi menjadi tidak efektif bila tidak semua siswa dapat ikut serta, misalnya alat terlalu kecil sedangkan jumlah siswa besar
-          Sulit dilakukan oleh guru yang tidak memahami betul apa yang ia terangkan
-          Memerlukan kesiapan dan perencanaan yang matang, disamping memerlukan waktu yang cukup panjang
-          Bila tidak dilanjutkan dengan eksperimen, ada kemungkinan siswa menjadi  lupa, dan pelajaran tidak akan berarti karena tidak menjadikan pengalaman bagi siswa
-          Kadang siswa sulit membayangkan yang digambrkan

  1. Metode Drill dan Latihan
●Kelebihan :
-    Siswa menjadi lebih terampil dalam pengerjaan soal
-    Siswa dapat mengerti aplikasi dari teori-teori yang telah dipelajari
-  Siswa dapat memperoleh kecakapan motoris, seperti : menulis, menghafal huruf, membuat dan menggunakan alat-alat
-  Siswa dapat memperoleh kecakapan mental, seperti ; dalam perkalian, pejumlahan, pengurangan, pembagian, tanda-tanda symbol, dsb.
-  Siswa dapat memperoleh kecakapan dalam bentuk asosiasi yang dibuat, seperti : hubungan huruf-huruf dalam ejaan, pnggunaan symbol, dsb.

Kelemahan :
-          Yang dapat memahami apa yang guru berikan, hanya siswa tertentu jika guru tidak memberi pengertian dasar kepada siswa
-          Menghambat bakat dan inisiatif anak didik, karena anak didik lebih banyak dibawa kepada penyesuaian dan diarahkan kepada jauh dari pengertian
-          Menimbulkan penyesuaian secara statis kepada lingkungan
-          Mematikan kreasi siswa
-          Kadang-kadang latihan yang dilaksanakan secara berulang-ulang merupakan hal yang monoton dan mudah membosankan

  1. Metode Tanya Jawab
●Kelebihan :
-     Kelas lebih aktif karena siswa tidak sekedar mendengarkan saja
- Mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan  mengemukakan pendapat
-    Pertanyaan akan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa
-    Mengetahui perbedaan pendapat antara siswa & guru, dan akan membawa kearah suatu tujuan
-     Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya sehingga guru mengetahui hal-hal yang belum dimengerti oleh para siswa
-   Guru dapat mengetahui sampai dimana penangkapan siswa terhadap segala sesuatu yang diterangkan

Kelemahan :
-          Dengan tanya jawab kadang-kadang pembicaraan menyimpang dari pokok persoalan
-          Dapat menimbulkan beberapa masalah baru
-          Mempersyaratkan siswa memiliki latar belakang yang cukup tentang topik atau masalah yang didiskusikan
-          Tidak tepat digunakan pada tahap awal proses belajar bila siswa baru, diperkenalkan kepada bahan pembelajaran yang baru
-          Membutuhkan waktu yang relatif banyak dan jumlah siswa harus sedikit

  1. Metode Penemuan
Kelebihan :
-          Siswa aktif mengalami sendiri
-          Siswa dapat membuktikan teori-teori yang pernah diterima
-          Mendapatkan kesempatan melakukan langkah-langkah berpikir ilmiah

●Kelemahan :
-          Akan kurang berhasil apabila alat-alat yang tersedia tidak mencukupi kebutuhan siswa
-          Kemungkinan tidak membawa hasil yang diharapkan jika siswanya belum cukup pengalaman

  1. Metode Pemecahan Masalah
●Kelebihan :
-          Siswa dapat mengembangkan cara berpikir dan sikap ilmiah
-          Siswa mendapat kesempatan untuk menguji tingkat pengetahuan masing-masing
-          Berpikir dan bertindak kreatif
-          Dapat membiasakan para siswa menghadapi dan memcahkan masalah secara terampil
-          Memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis

Kelemahan :
-          Membutuhkan waktu yang cukup banyak dan sering mengambil waktu pelajaran lainnya
-          Mengubah kebiasaan siswa belajar dengan mendengarkan dan menerima informasi dari guru menjadi belajar dengan banyak berpikir memecahkan masalah sendiri atau kelompok
-          Kesulitan dalam menyimpulkan sering menyebabkan tidak ada penyelesaian
-          Pendapat serta pertanyaan siswa dapat menyimpang dari pokok persoalan

  1. Metode Inkuiri
●Kelebihan :
-          Siswa dapat lebih aktif
-          Situasi proses belajar menjadi lebih terangsang
-          Dapat menghindari siswa dari cara-cara belajar yang tradisional
-          Membantu dalam menggunakan ingatan dan transfer pada situasiproses belajar yang baru
-          Mendorong siswa untuk berpikir dan bekerja atas inisiatif sendiri
-          Siswa mendapat kesempatan melakukan langkah-langkah berpikirnya

●Kelemahan :
-          Guru tidak mengetahui konsep yang telah ditemukan sehingga kesulitan untuk melakukan langkah selanjutnya

  1. Metode Permainan
●Kelebihan :
-  Mengembangkan kreatifitas siswa (dengan peran yang dimainkan siswa dapat berfantasi)
-  Memupuk kerja sama antarsiswa
-  Menumbuhkan bakat siswa dalam seni drama
-  Siswa lebih memperhatikan pelajaran karena menghayati sendiri
-  Memupuk keberanian berpendapat di dalam kelas
- Melatih siswa untuk menganalisa masalah dan mengambil kesimpulan dalam waktu singkat

Kelemahan :
-   Adanya kurang kesungguhan para pemain menyebabkan tujuan tak tercapai
-  Pendengar (siswa yang tak berperan) sering menertawakan tingkah laku pemain sehingga merusak suasana

  1. Metode Pemberian Tugas
Kelebihan :
-          Memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar lebih banyak
-          Memupuk rasa tanggung jawab
-          Pengetahuan yang anak didik peroleh dari hasil belajar sendiri akan diingat lebih lama
-          Memperkuat motivasi belajar
-          Menjalin hubungan antara sekolah dengan keluarga
-          Mengembangkan keberanian berinisiatif

Kelemahan :
-          Memerlukan pengawasan yang ketat, baik oleh guru maupun orang tua
-          Sukar menetapkan apakah tugas dikerjakan oleh siswa sendiri atau atas bantuan orang lain
-          Banyak kecenderungan untuk saling mencontoh antarteman
-          Agak sulit diselesaikan oleh siswa yang tinggal bersama keluarga yang kurang teratur
-          Dapat menimbulkan frustasi jika gagal menyelesikan tugas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar